mulai dari diri Modul 2.3

1.      Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?

Selama menjadi guru, saya pernah disupervisi oleh kepala sekolah. Perasaan saya waktu itu bingung bercampur takut. Bingung karena saya tidak tahu apakah saya sudah bisa menjadi guru yang layak selain itu saya juga merasa takut karena apa yang saya sajikan tidak sesuai dengan ekspektasi kepala sekolah. Saat kegiatan supervisi saya benar-benar merasa canggung, berbeda dengan mengajar seperti biasanya. Meskipun saya sudah siap dengan administrasi pembelajaran yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP, media pembelajaran, instrument penilaian, daftar hadir siswa ). Dan  saya sudah memiliki kelengkapan administrasi, Saya merasa menjadi tidak yakin/ tidak PD terbesit difikiran adanya rasa khawatir, gugup, panik karena tidak terbiasa ketika mengajar ada yang mengamati saya apalagi yang mengamati Bapak Kepala Sekolah,takutnya ketika saya menjalani proses kegiatan belajar dan mengajar banyak kekurangan yang harus saya perbaiki hal tersebut membuat saya menjadi tidak nyaman.

2.      Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut.

Pengalaman saat supervisi :

Pada saat supervisi benar-benar saat yang paling menengangkan meski saya sudah siap dengan segala sesuatunya tetap saja saya masih merasa cemas, apalagi diawal kegiatan itu adalah hal yang sangat menengangkan namun seiring dengan berjalannya waktu semua mengalir dengan sendirinya semua berjalan lancar.

Pengalaman pasca supervisi :

Setelah pelaksanaan supervisi saya merasa sangat lega karena pada akhirnya hal yang menengangkan berakhir juga, selain itu saya juga merasa sangat bersyukur karena saya mendapatkan masukan dan saran yang positif dari Kepala Sekolah. Masukan dan saran saya jadikan bahan evaluasi diri sehingga bisa memperbaiki kekurangan-kekurangan untuk menjadi lebih baik dalam memenuhi tugas sebagai seorang pendidik. Tapi saya sangat termotivasi dengan adanya program supervisi akan membuat saya sebagai guru bisa reflektif diri dalam melihat kekurangan saya, sempat lupa dalam menyampaikan tahapan-tahapan pelaksanaan pembelajaran banyak yang lupa dalam menerapkan metode pembelajaran, Setelah itu saya diberikan waktu untuk berdiskusi dan memberikan umpan balik terkait dari kekurangan saya yang harus saya benahi,dan memberikan ide dan gagasan supaya saya bisa terapkan dikelas yang nantinya akan membawa perubahan dalam pelaksanaan belajar mengajar. 

3.      Menurut Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Anda berkembang sebagai seorang pendidik?

Menurut saya seorang supervisor seharusnya menjadi seorang teladan dan relasi yang baik bagi seorang pendidik. Karena dengan begitu seorang pendidik tidak akan merasa cemas, gugup atau ketakutan ketika mendengar kata supervisi. Seorang supervisor hendaknya mampu memberikan saran yang bisa membangun kinerja guru tanpa harus menilai sebagai seorang hakim.karena  tujuan supervisi adalah mengidentifikasi letak keberhasilan dan kekurangan guru dalam pelaksanaan proses belajar mengajar untuk mengarah pada perbaikan berikutnya, untuk itu supervisi yang dilakukan Bapak Kepala Sekolah paling tidak bisa menjadi tolak ukur bagi seorang guru dalam memperbaiki kekurangannya dan kekuatannya yang nantinya akan kita gunakan untuk memfasilitasi murid untuk mewujudkan pembelajaran yang bermakna/meaning of learning serta memberikan pembelajaran dengan rasa aman,nyaman dan menyenangkan .Dan dalam pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah harus bersifat objektif,terbuka dilaksanakan secara transparan dan professional tanpa ada perasaan tuntutan dan sikap otoriter,menghargai pendapat guru/bawahannya

4.      Menurut Anda, jika Anda saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, dimana posisi Anda sehubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan situasi ideal 10.

Jika Saya saat ini menjadi seorang Kepala Sekolah yang perlu melakukan supervisi, sehubungan dengan gambaran ideal di atas maka posisi saya masih diangka 7. Karena saya baru pertama melakukan supervisi dan masih perlu bimbingan dan perlu belajar.

5.      Aspek apa saja yang Anda butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal itu?

Aspek yang saya butuhkan untuk dapat mencapai sesuatu yang ideal adalah dukungan dari berbagai pihak baik itu disekolah maupun diluar sekolah. Karena tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak maka situasi yang ideal tidak akan bisa tercapai. Selain itu saya juga membekali diri dengan pengetahuan dalam hakikat,tujuan,fungsi,peran dari supervisi yang telah dilaksankan,dan juga memahami Teknik coaching yang baik,tak cukup dengan itu tingkatkan keterampilan berrelasi dengan menjalin komunikasi yang efektif dan berempati dalam mengerakkan komunitas disekolah.Dengan mewujudkan merdeka belajar yang nantinya harus mampu membawa perubahan pada peserta didik dan mewujudkan profil pelajar pancasila.

Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif, tuliskan harapan Anda terkait modul ini :

  1. Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

Harapan saya setelah mempelajari modul 2.3 ini, saya mampu memahami seluruh materi dan dapat mengikuti serangkaian kegiatan dengan baik sehingga kompetensi saya semakin berkembang. Sebagai seorang pemimpin pembelajaran, saya juga ingin berlatih menerapkan kegiatan coaching dalam praktik baik di lingkungan sekolah, menjadikan diri saya mempunyai nilai dan peran sebagai pemimpin pembelajaran yang dapat mewujudkan visi sekolah selaras dengan profil pelajar Pancasila dengan menciptakan lingkungan belajar yang berkualitas dimulai berkolaborasi dengan sesama guru dan warga sekolah, saling membantu memperbaiki kekurangan dan saling membagikan pemahaman dan pengalaman positif. Selain itu membantu memfasilitasi guru lain dalam mengevaluasi pembelajaran berdasarkan dari yang dipelajari Selain itu, saya juga berharap dapat berkolaborasi Bersama rekan sejawat di sekolah maupun di komunitas praktisi untuk menjalankan semua proses dari hasil supervise sehingga mampu mencapai tujuan Bersama.

  1. Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

·       Manfaat yang saya harapkan ada dalam modul ini , melakukan percakapan berbasis coaching dalam komunitas sekolahnnya untuk mengembangkan kompetensi rekan sejawat

· Membedakan coaching dengan pengembangan diri lainnya ,yaitu mentoring,konseling,fasilitasi dan training.

·       Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif, tuliskan harapan Anda terkait modul ini :

·       Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

·       Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aksi Nyata

Nilai dan Peran Guru Penggerak