Nilai dan Peran Guru Penggerak

 Selamat pagi....

Salam guru penggerak.....

Pada hari ini saya akan sedikit berbagi tentang apa yang sudah saya pelajari selama mengikuti pendidikan guru penggerak. sebelumnya ijinkan saya memperkenalkan diri saya, nama saya Nalurita Pambayung Putri, S.Pd. Saya adalah seorang pengajar Bahasa Jepang di SMA MUHAMMADIYAH 2 GENTENG. Selama mengikuti PGP banyak hal yang sudah saya pelajari mulai dari Filosofis Pemikiran Ki Hajar Dewantara sampai dengan Nilai dan Peran Guru Penggerak. saat ini saya ingin memaparkan tentang Nilai Dan Peran saya sebagai Guru Penggerak setelah 3 tahun ke depan.

seperti yang kita ketahui ada 5 nilai yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh seorang guru penggerak, nilai-nilai tersebut antara lain

  1. Berpihak Pada Siswa
  2. Kolaboratif
  3. Inovatif
  4. Mandiri
  5. Reflektif

kelima nilai tersebut diatas merupakan nilai wajib yang hendaknya dimiliki oleh seorang guru penggerak sebagai bekal untuk mengembangkan diri dan mutu proses pembelajaran menjadi lebih baik.

 

Setelah saya menjadi guru penggerak selama 3 tahun maka saya akan menjadi guru penggerak yang memiliki nilai-nilai sebagai berikut ini :

Berpihak pada siswa

sebagai seorang guru penggerak sudah seharusnya proses pembelajaran yang saya lakukan berpihak pada siswa, yakni mengutamakan kebutuhan siswa dalam prosesnya. Dimana proses pembelajaran yang berpihak pada siswa ini menjadikan guru sebagai fasilitator yang memberikan layanan berupa bimbingan kepada siswa baik dalam bidang akademik maupun non akademik.
contoh-contoh kegiatan yang sudah dan akan terus saya lakukan adalah:

  • Pembelajaran yang berpusat pada siswa
  • Melakukan penilaian secara menyeluruh baik dalam bidang pengetahuan, keterampilan, sikap spiritual dan sikap sosial yang dimiliki siswa
  • Memberikan bimbingan kepada siswa yang membutuhkan
  • Melakukan pembelajaran sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman
  • Melakukan pendidikan budi pekerti serta melakukan proses pembelajaran yang sesuai dengan konteks sosial dan budaya.

                                 

Kolaboratif

Dalam mengembangkan/ memajukan pembelajaran di sekolah, sebagai seorang pendidik hendaknya mampu berkolaborasi dengan berbagai pihak baik itu di lingkungan sekolah maupun lingkungan luar sekolah. Menjalin komunikasi yang baik dengan komunitas mengajar disekolah, luar sekolah, wali murid dan siswa karena denngan adanya komunikasi yang baik maka kita akan lebih mudah dalam mencapai tujuan bersama yakni meningkatkan mutu pembelajaran. selain itu seorang pendidik hendaknya mampu menumbuh kembangkan sikap tolenransi, empati, saling menghargai dan saling percaya antar sesama. sikap kolaboratif ini hendaknya juga ditularkan kepada siswa dan lingkungan sekolah, agar semua bisa bersinergi dengan baik dalam mengembangkan mutu pendidikan.

Adapun beberapa kegiatan yang sudah dan akan terus saya lakukan adalah sebagai berikut :

  • Bekerja sama dengan segala pihak baik yang ada dalam lingkup sekolah maupun luar sekolah
  • Berkolaborasi dalam peningkatan profesionalitas kerja melalui MGMP, KKG dll
  • Membimbing siswa untuk melakukan kolabirasi dalam peningkatan kemampuan belajar melalui program tutor sebaya


                         

 

 

Inovatif

Sebagai seorang pendidik henddaknya mampu melakukan sebuah perubahan dengan memberikan sumbangsih berupa ide atau gagasan dalam meningkatkan mutu pendidikan. dalam berinovasi pendidik bisa menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan, agar siswa merasa nyaman dalam belajar, selain itu pendidik bisa memanfaatkan teknologi informasi. Selaras dengan filosofi KHD berrupa pendidikan yang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat jaman, maka seorang pendidik harus mampu memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi. 

adapun beberapa kegiatan yang sudah, dan akan terus saya kembangkan adalah

  • Memanfaatkan IT dalam proses pembelajaran, sebagai sarana pengmbangan kreatifitas siswa yang selaras dengan perkembangan jaman
  • Membuat alat peraga, modul ajar dan PPT untuk mempermudah pendidik dalam menyampaikan pembelajaran pada siswa
  • Menciptakan pembelajaran yang aktif dan komunikatif 

      

Mandiri

Dalam menjalankan proses pembelajaran seorang pendidik hendaknya menjadi seorang yang mampu memunculkan motivasi baik untuk dirinya sendiri ataupun lingkungan sekitarnya. seorang guru yang memiliki kepercayaan diri dan yakin akkan potensi yang dimilikinya, guru yang memiliki tanggung jawab atas diri sendiri ataupun pada lingkungan disekolah, guru yang memiliki pemikiran terbuka bisa menerima kritik dan saran serta pembaharuan. 

Adapun kegiatan yang sudah dan akan terus saya lakukan antara lain :

  • Merancang pembelajaran secara mandiri dengan memperhatikan kondisi dan situasi siswa
  • Aktif dalam pengikuti kegiatan yang berkaitan dengan profesionalitas dan pengembangan diri
  • Penerapan kemandirian pada siswa dalam proses belajar mengajar

                            

Reflektif

Sudah selayaknya sebagai seorang guru hendaknya kita mampu merefleksi diri dengan mengevaluasi kekurangan yang ada pada diri kita agar suatu saat nanti kita bisa memperbaiki diri. tidak hanya itu seorang guru hendaknya selalu berpikir terbuka, mau menerima kritik dan saran orang lain. mampu memaknai pengalaman yang sudah dilewati.

Adapun kegiatan yang sudah saya lakukan dalam 3 tahun ini dan akan terus saya lakukan adalah sebagai berikut :

  • Memanfaatkan evaluasi diri untuk perbaikan kedepannya
  • Memanfaatkan hasil supervisi sebagai bahan evaluasi
  • Memanfaatkan saran dari teman sejawat
  • Melakukan refleksi pembelajaran bersama siswa setelah pembelajaran selesai
dari semua kegiatan yang sudah saya lalui sebagai guru penggerak dan dengan nilai-nilai yang sudah saya miliki, saya ingin menjalankan peran saya sebagai pemimpin pembelajaran baik itu dalam lingkup kelas ataupun sekolah. menjadi pemipin pembelajaran juga berarti saya harus memiliki perhatian penuh pada proses pembelajaran, refleksi, asesmen yang otentik dan efektif, pengembangan guru dan pengembangan mutu pendidikan sekolah.


 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aksi Nyata